Pengarah penyelesaian Studi PTE Angkatan 2013

img_0039

Ketua jurusan Teknik Elektro, Dr.-Ing. Dhidik Prastiyanto, ST MT mengundang mahasiswa PTE angkatan 2013 pada tanggal 15 Juni 2015 dalam acara diskusi penyelesaian studi. Acara ini adalah acara rutin yang diselenggarakan oleh jurusan Teknik Elektro UNNES dalam upaya mempercepat masa studi mahasiswa. Untuk tahun ini jurusan Teknik Elektro mempunyai target 50 persen lulus tepat waktu. Target tersebut akan dicapai dengan adanya usaha dari mahasiswa yang konsisten dalam pengerjaan skripsi diikuti dengan komitmen dari dosen pembimbing mengarahkan mahasiswa.Dalam acara ini Ketua Jurusan mengidentifikasi mahasiswa yang belum mengajukan judul skripsi yang berjumlah sekitar 5 orang. Solusi untuk mahasiswa tersebut dengan cara mengarahkan mahasiswa diskusi dengan calon pembimbing sehingga bisa segera mengajukan judul skripsi. Hal ini dilakukan untuk memenuhi target urusan dalam masa 10 semester seluruh mahasiswa angkatan 2013 sudah lulus.

Dalam upaya percepatan studi ini, Rektor UNNES juga telah menerbitkan surat edaran yang mengatur bahwa pembimbingan skripsi dilaksanakan oleh satu orang dosen pembimbing. Edaran ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pembimbingan sehingga diharapkan akan semakin banyak mahasiswa yang lulus tepat waktu. Sejalan dengan edaran tersebut, Ketua Jurusan TE mengharap mahasiswa serius dalam penyelesaian skripsinya. Pada acara ini juga disampaikan beberapa tips untuk mahasiswa dalam menjaga semangatnya. Mahasiswa diharapkan membuat target harian pengerjaan skripsinya. Mahasiswa diharapkan meluangkan waktu sedikitnya 3 jam per hari untuk bisa menyelesaikan skripsi yang saat ini rata-rata sudah mencapai bab 3. Dalam masa 2 bulan ini diharapkan mahasiswa konsistem memenuhi target harian tersebut sehingga akhir agustus 2017 sudah bisa menyelesaikan skripsinya.

Dr. Ing. Dhidik Juga menyampaikan motivasi kepada mahasiswa untuk segera berkarya setelah selesai masa studinya. Mahasiswa diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan guru produktif di SMK, meneruskan studi lanjut S2, bekerja di industri atau berwirausaha sendiri. Sebagai penutup, disampaikan bahwa Ketua Jurusan siap membantu mahasiswa untuk segera dapat menyelesaikan studinya.