S1 Pendidikan Teknik Elektro

  Deskripsi

 

Program Studi Pendidikan Teknik Elektro saat ini merupakan salah satu dari 3 (tiga) program studi yang ada di Jurusan Teknik Elektro. Program Studi ini menyelenggarakan Pendidikan Teknik Elektro untuk menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran teknik elektro dan sub-sub bidang yang merupakan turunan dari bidang teknik elektro untuk tingkat pendidikan dasar sampai menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, berjiwa nasionalisdan peka terhadap kelestarian lingkungan fisik maupun sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Elektro juga dibekali dengan ilmu kewirausahaan yang akan berguna untuk mengembangkan jiwa wirausaha di bidang teknik elektro.
  Visi

 

Menjadi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang berwawasan konservasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan Teknik Elektro bereputasi internasional
  Misi a.      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan Teknik Elektro yang berkualitas dan inovatif berbasis konservasi.

b.     Menyelenggarakan penelitian di bidang Pendidikan Teknik Elektro dan menghasilkan publikasi ilmiah dalam jurnal terakreditasi nasional atau jurnal internasional berbasis konservasi.

c.      Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat berbasis hasil penelitian dan konservasi

d.     Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan semua pihak terkait baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional dalam rangka kemajuan program studi Pendidikan Teknik Elektro.

  Tujuan a.      Memberikan bekal kemampuan teoritik dan praktis yang baik dan benar kepada mahasiswa sebagai penguatan Sumber Daya Manusia yang bermutu dan berdaya saing tinggi di dunia kerja.

b.     Menghasilkan lulusan yang:

·      bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dan berkarkter yang mampu mengaplikasikan Pendidikan Teknik Elektro dan keterampilan praktis di dunia kerja dan dalam penyelesaian masalah bangsa dan masyarakat.

·      berkompetensi akademik yang profesional dan unggul dalam bidang Pendidikan Teknik Elektro;

·      memiliki kemampuan dan keterampilan berwirausaha, berkolaborasi, dan berkompetisi dalam skala nasional dan regional

·      mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang mutakhir dan melakukan penelitian dalam bidang teknik elektro maupun Pendidikan Teknik Elektro untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta berkontribusi dalam melaksanakan pengabdian  kepada masyarakat.

c.      Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang Pendidikan Teknik Elektro yang berkualitas dan terpublikasi.

d.     Memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam pemberdayaan bidang Pendidikan Teknik Elektro.

e.     Mendesiminasikan hasil temuan penelitian kepada masyarakat sebagai upaya menyelesaikan persoalan-persoalan di bidang Pendidikan Teknik Elektro yang dihadapi masyarakat.

f.       Membangun jejaring kerjasama dalam rangka penguatan program studi dengan berbagai organisasi pemerintah dan swasta.

 

 

  1. Rumpun Keilmuan
  2. Body of knowledge program studi

Body of knowledgeatau keilmuan dan keahlian yang akan diselenggarakan oleh ProdiS-1Pendidikan Teknik ElektroFakultas TeknikUNNESmencakup bidang ilmu Teknik Elektro, bidangmetodik-pedagogik (ilmu pendidikan), dan bidang lain yang sesuai dengan pembelajaran Teknik Elektro. Keilmuan tersebut memiliki keterkaitan dan konstelasi dengan bidang sejenis dengan Pendidikan Teknik Elektro pada tingkat S-1 dan S-3, bahkan berkorelasi dengan bidang ilmuTeknik Elektro. Dengan demikian bidang keilmuan yang diselenggarakan menjadi bekal yang memadai untuk meneruskan studi ke strata yang lebih tinggi (S-2) atau Pendidikan Profesi Guru (PPG).

 

Pada area yang lebih luas, keilmuan dan keahlian tersebut juga berkait dan berkonstelasi dengan bidang serumpun Bidang Sains: Teknik Elektro, matematika, dan bidang aplikasinya IPTEKS (TIK dan Media) yang sesuai. Bidang kajian Teknik Elektro yang terkait struktur, komposisi zat, perubahan zat dan energi yang menyertai, metode pemisahan beserta fenomena alam dan mahkluk hidup dan proses kehidupan dikaji di Prodi S-1 Pendidikan Teknik Elektro. Diagram alir dari body of knowledge Prodi S-1Pendidikan Teknik ElektroFakultas TeknikUNNES secara garis besar  ditunjukkan  pada Gambar 1.

Deskripsi Perkembangan bidang ilmu atau bidang kajian saat ini dan 10 tahun ke depan

 

Lulusan prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro harus pula mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya serta mempublikasikannya. Untuk itu dikembangkan penelitian-penelitian yang mengikuti tren penelitian pendidikan terkini terkait inovasi pembelajaran Teknik Elektro.Trenpenelitian tersebut dielaborasikan dan dipadukan dengan tema-tema penelitian dari para dosen Jurusan Teknik Elektro FT UNNES yang telah diperoleh dari berbagai skim penelitian.

 

  1. Rancangan Kurikulum
  2. 1. Profil Lulusan Program Studi

Tabel 1a. Profil Lulusan Prodi Pendidikan Teknik Elektro (S1)

 

Profil

 

Deskripsi Profil

 

Tenaga Pendidik Tenaga Pendidik dalam bidang keahlian Teknik Ketenagalistrikan, fasilisator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi
Tenaga Ahli bidang Ketenagalistrikan Tenaga ahli bidang Teknik Ketenagalistrikan baik sebagai Analis Sistem, Ahli managemen energi listrik, ahli managemen trainer, konsultan dibidang ketenagalistrikan, Desainer jaringan ketenagalistrikan  yang memiliki jiwa entrepreneurship.
Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan ) Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan )
Perancang program pelatihan bidang teknik ketenagalistrikan Perancang program pelatihan bidang teknik ketenagalistrikan

 

2.Analisis Profil Lulusan

Analisis Profil Prodi Pendidikan Teknik Elektro(S1)

Berdasar penelusuran data alumni S1 Pendidikan Teknik Elektro (dulu Pendidikan Teknik Elektro)  diketahui  alumni S1 Pendidikan Teknik Elektro bekerja sesuai bidangnya terutama di Pendidikan Kejuruan, disamping itujuga banyak alumni yang bekerja di luar bidang pendidikan. Sebagian besar alumni menjadi guru Teknik Listrikdan Elektronika di SMK, MAK, guru Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di sejumlah satuan pendidikan di di berbagai wilayah Indonesia, menjadi dosen di PT negeri maupun swasta, tenaga pengajar pada lembaga bimbingan belajar dan banyak di antaranya yang telah menjadi Kepala Sekolah. Beberapa alumni juga bekerja sebagai tenaga kependidikan, teknisi laboratorium, pengembang media pendidikan, teknisi perusahaan, dan wirausahawan. Tantangan yang telah dihadapi dan dipersiapkan oleh Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro adalah bagaimana kelak alumninya dapat bersaing untuk menjadi pendidikprofesional yang menuntut penguasaan kecakapan life skills, termasuk kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing baik aktif maupun pasif. Terbukti beberapa alumni yang menjadi pengajar di SMK ada yang studi lanjut ke luar negeri. Di luar bidang pendidikan beberapa alumni juga dapat bekerja baik di industri, PNS di luar instansi pendidikan,polis dan militer, dan terjun di dunia kewirausahaan.

 

Berdasar ketersebaran alumni di masyarakat, maka Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro harus tetap mengedepankan kualitas lulusan, mempersiapkan mereka dengan bekal yang cukup untuk melanjutkan pendidikan profesi guru atau ke S2 Pendidikan Kejuruan, tidak sedikit juga lulusan Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro (Pendidikan Vokasional TeknikElektro) berprestasi dalam studi lanjut di S2 dan S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan mapun S2 dan S3 Teknik Elektro. Keseimbangan antara kedalaman penguasaan ilmu Teknik Listrik dan penguasaan metode pembelajaran Pendidikan Teknik Elektro yang kreatif dan inovatif didukung penguasaan keterampilan dan penggunaan TIK dan kemampuan bahasa Inggris yang baik menjadi unggulan Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Unnes.

 

  1. Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

Setiap Lulusan  ProdiPendidikan Teknik Elektro lulusan akan memiliki:

  1. konsep sistem pembelajaran yang mencakup: perencanaan pembelajaran yang memenuhi kaidah pedagogis secara operasional dan implementasinya dalam kerangka pendidikan kejuruan teknik elektro.
  2. pengetahuan penyusunan karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengkomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.
  3. pengetahuan prinsip-prinsip Matematika, Fisika kaitannya dengan prinsip-prinsip ketenaga listrikan.
  4. pengetahuan hukum dan teori dasar kelistrikan.
  5. pengetahuan disain, analisis dan aplikasi sistem pengukuran yang terkait dengan Kuantitas dan Kualitas Teknik Tenaga Listrik.
  6. pengetahuan material yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik untuk pengembangan pembangunan energi ketenagalistrikan.
  7. pengetahuan memilih dan menentukan material untuk keperluan disain dan Implementasi Instalasi yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik
  8. pengetahuan sistem pengaman Teknik Tenaga Listrik dalam rangka pengamanan peralatan dan keselamatan umat manusia.
  9. Pengetahuan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan sistem pengaturan dalam Teknik Tenaga Listrik..

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  3. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  4. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Teknik Elektro wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu memfasilitasi, mengevaluasi, melaksanakan pembelajaran dan hasil belajar secara profesional, serta kemitraan komunitas dalam kerangka pendidikan kejuruan dalam melaksanakan tugas sebagai profesi guru
  2. Berhasil menyusun Karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengkomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.
  3. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah teknis secara rutin yang berkaitan dengan teknik tenaga listrik dengan menerapkan prinsip-prinsip Matematika, Fisika dan Kimia.
  4. Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah Teknik Tenaga Listrik saat ini dan yang akan datang dengan menggunakan hukum dan teori dasar kelistrikan dalam kerangka aplikasi yang lebih luas.
  5. Mampu menerapkan teknologi baru untuk mendisain, analisis dan aplikasi sistem pengukuran yang terkait dengan Kuantitas dan Kualitas Teknik Tenaga Listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara profesional dan etis.
  6. Mampu menganalisis terkait aplikasi material yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik untuk pengembangan pembangunan energi ketenagalistrikan.
  7. Mampu memilih dan Menentukan untuk keperluan disain dan Implementasi Instalasi yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik untuk pemanfatan energi listrik dalam memenuhi kualitas hidup.

Mampu menerapkan sistem pengaman Teknik Tenaga Listrik dalam rangka pengamanan peralatan  dan keselamatan umat manusia.