S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

A.Nama Prodi                                  : Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer (Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi)

Jurusan Teknik Elektro fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

 

  1. Ijin Pendirian Prodi

Nomor SK pendirian PS (*)                :  2166/D2.2/2009

Tanggal SK pendirian PS                    :  23 Juli 2009

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                                 :  Illah Saillah (Direktur Akademik, Ditjen Dikti)

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                            :  Agustus 2010

Nomor SK Izin Operasional (*)          :  1534/D/T2009

Tanggal SK Izin Operasional              :  28 Agustus 2009

 

  1. Akreditasi : C, S.K.BAN-PTNo. 004/BAN-PT/Akred/S/1/2012

 

  1. Gelar Lulusan : Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

 

  1. Deskripsi Singkat Prodi

Prodi Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi adalah salah satu dari dua prodi yang ada di Jurusan Teknik Elektro. Program Studi ini bertujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran Teknologi Informasi (TI) untuk tingkat pendidikan dasar, menengah dan program dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi juga dibekali ke kewirausahaan (technopreneurship) serta pengelolaan dalam bidang kependidikan.

Visi

Menjadi program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) yang berwawasan konservasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) bereputasi Internasional.

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran dibidang pendidikan teknik informatika dan komputer yang berkualitas dan inovativ berbasis konservasi.
  • Menyelenggarakan penelitian dibidang teknik Informatika dan komputer dan menghasilkan publikasi ilmiah dalam jurnal terakreditasi nasional atau jurnal internasional berbasis konservasi.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat berbasis hasil penelitian dan konservasi.
  • Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan semua pihak terkait baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional dalam rangka kemajuan program studi pendidikan teknik informatika dan komputer.

 

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap

Setiap lulusan Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

 

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik dan didaktik dalam merencanakan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran pada bidang teknologi informasi  secara umum dan  konsep teoritis  tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
  2. Menguasai konsep teoritis  pada bidang teknologi informasi  secara umum dan  konsep teoritis tentang matematika dan komputasi, analisis masalah berbasis komputasi, desain sistem berbasis komputer,  metode dan teknik  berbasis computer dan manajemen proyek secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Menguasai prinsip dan issue model pembelajaran inovatif;

 

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

Setiap lulusan Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  5. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  6. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Setiap lulusan Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu merencanakan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik.
  2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, sumber daya yang dimiliki dan karakteristik materi ajar dengan pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
  3. Mampu melakukan penilaian dan evaluasi berdasarkan karakteristik peserta didik, sumber daya yang dimiliki dan karakteristik materi ajar dengan memanfaatkan metode penilaian dan evaluasi secara tepat.
  4. Mampu menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan standar yang berlaku;
  5. Mampu melakukan penelitian pendidikan yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa;
  6. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merancang sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah menggunakan prinsip-prinsip komputasi;
  7. Mampu merealisasikan rancangan sistem berbasis komputer berdasarkan konsep matematika, sains, dan metode rekayasa perangkat lunak (software engineering);
  8. Mampu merealisasikan rancangan sistem basis data berdasarkan metode rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan teori basis data;
  9. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem jaringan berdasarkan konsep jaringan, manajemen jaringan dan keamanan jaringan;
  10. Mampu mengimplementasikan rancangan multimedia menjadi produk akhir multimedia;
  11. Mampu mengelola laboratorium teknologi informasi mengikuti GLP (Good Laboratory Practice).
  12. Mampu merancang program pelatihan bidang Teknologi Informasi berdasarkan prinsip-prinsip pedagogik.

 

  1. KOMPETENSI PRODI
  2. Kompetensi Utama
    1. Menguasai bidang teknik teknik informatika dan komputer secara komprehensif agar mampu membelajarkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan bidang teknik informatika dan komputer maupun di Sekolah Menengah dalam bidang keterampilan teknik informatika dan komputer serta secara aktif mengembangkan diri dan memutakhirkan ilmu pengetahuannya
    2. Mampu merencanakan, menyelenggarakan, dan mengevaluasi pembelajaran bidang teknik informatika dan komputer menggunakan strategi inovatif, memanfaatkan teknologi pembelajaran yang tepat, dan suasana pembelajaran yang demokratis.
    3. Mampu memberikan maupun menyelenggarakan pelatihan bidang teknik informatika dan komputer menggunakan strategi inovatif, memanfaatkan teknologi pembelajaran yang tepat, dan suasana pelatihan yang demokratis.
    4. Mampu menjadi fasilitator/tutor dalam pembelajaran bidang teknik informatika dan komputer secara cerdas dan bertanggungjawab
    5. Mampu menjadi panutan bagi siswa atau pebelajar yang dibinanya agar menjadi warga negara yang religius, toleran, dan bertanggung jawab
    6. Mampu menjadi wirausahawan bidang teknik informatika dan komputer tangguh, santun, dan memiliki jiwa nasionalis

 

  1. Kompetensi Pendukung

 

  1. Mampu merencanakan dan mengembangkan perangkat-perangkat media-media pembelajaran untuk keperluan pembelajaran
  2. Mampu melakukan perawatan dan perbaikan pada perangkat-perangkat yang berhubungan dengan teknologi informatika dan komputer

 

  1. Kompetensi Lain
  2. Mampu memanfaatkan berbagai perangkat bidang teknik informatika dan komputer untuk membantu proses pembelajaran
  3. Mampu memanfaatkan mengelola pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komputer
  4. Mampu melakukan penelitian dalam konteks pembelajaran teknik informatika dan komputer

 Peluang Kerja Lulusan

  1. Tenaga Pendidik : Tenaga Pendidik dalam bidang keahlian Teknik di bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer sebagai fasilisator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi .

 

  1. Tenaga Ahli di bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer sebagai Analis Sistem, Ahli managemen di bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer, ahli managemen trainer, konsultan dibidang di bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer, Desainer di bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer yang memiliki jiwa entrepreneurship.

 

  1. Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan ) : Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan )

Perancang program pelatihan di bidang  jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer

 

 Unggulan Prodi

  1. Keunggulan lulusan didesain sebagai calon guru, ilmuwan dan atau tenaga profesional memiliki kompetensi dalam kemampuan di bidang Informatika Dan Komputer
  2. Memiliki professional skills, knowledge dan tata nilai yang berkompeten di bidang Informatika dan Komputer.
  3. Guru SMK bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer
  4. Widyaiswara bidang jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer
  5. Tutor/Fasilitator jaringan komputer, di bidang multi media, di bidang Pemrogram Komputer
  6. Memiliki kinerja professional dan semangat etos kerja yang tinggi di bidang pengembangan teknik elektro.