Sejarah

Prodi Pendidikan Teknik Elektro S1 UNNES berdiri seiring  dengan lahirnya UNNES. Berdasarkan keputusan Presiden No. 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung, Medan menjadi Universitas, maka IKIP Semarang kemudian berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Perubahan IKIP Semarang menjadi UNNES diikuti juga oleh perubahan fakultas-fakultas yang ada di lingkungan UNNES, salah satunya Fakultas Teknik (FT) yang sebelumnya bernama Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK). Sejarah perkembangan Fakultas Teknik UNNES dapat dibatasi atas beberapa periode yaitu :

Berdasarkan keputusan Presiden No. 52/1982, nama-nama fakultas di lingkungan IKIP Semarang kecuali Fakultas Ilmu Pendidikan dilakukan perubahan. Fakultas Keguruan Teknik menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK).

Selanjutnya berdasarkan Keputusan Presiden No. 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung, Medan menjadi universitas, maka IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Ijin Pendirian/Operasional program studi PTE S1 sendiri mengacu pada SK No. 122/DIKTI/KEP/2007, Tgl SK Izin : 31 Agustus 2007. Prodi PTE dibawah naungan Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang .

Jurusan Teknik Elektro sendiri saat ini menyelenggarakan 2 (dua) Program Studi Sarjana dan 1 (satu) Program Studi Diploma. Program-program studi tersebut yaitu:

  1. Prodi PTE (Pendidikan Teknik Elektro), S1
  2. Prodi PTIK (Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer), S1
  3. Prodi TE (Teknik Elektro), D3

Bidang Keahlian yang dimiliki para lulusanProdi PTE (Pendidikan Teknik Elektro), S1 adalah  mempersiapkan lulusannya untuk bersaing di dunia kerja yang semakin global dengan membekali para mahasiswanya dengan bidang keahlian diantaranya :

  1. Pengetahuan, pemahaman ilmu kependidikan dan penguasaan praktek mengajar sebagai bekal untuk menjadi guru
  2. Pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, memasang, memelihara dan mengamankan sistem instalasi listrik untuk gedung dan industri
  3. Pengetahuan dan ketrampilan pengendalian berbasis mikrokontroler, PLC dan komputer sebagai bekal yang mantap untuk bekerja di industri
  4. Pengetahuan dan ketrampilan tentang telekomunikasi untuk bekal bekerja pada dunia telekomunikasi
  5. Pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha sehingga siap menjadi entrepreneur